Syarat dan Alur Pembuatan Akta Kematian di Salah Satu Rumah Sakit di Sidoarjo

Sidoarjo merupakan salah satu nama kabupaten yang ada di wilayah Provinsi Jawa Timur. Salah satu kota yang lengkap dengan berbagai macam fasilitas umum yang bisa dinikmati dengan mudah oleh masyarakatnya. Salah satunya adalah fasilitas kesehatan yang ada di wilayah Sidoarjo. Ada banyak sekali rumah sakit di Sidoarjo  yang bisa dijadikan sebagai rujukan saat akan berobat atau sekedar melakukan konsultasi kesehatan. Salah satu rumah sakit terbaik yang ada di Sidoarjo adalah rumah sakit umum daerah Sidoarjo.

Pada mulanya rumah sakit umum daerah Sidoarjo atau yang lebih sering disebut dengan RSDU Sidoarjo merupakan salah satu rumah sakit yang dimiliki oleh pemerintah Kabupaten Sidoarjo yang ditujukan untuk memberikan berbagai macam layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Rumah sakit ini berdiri pada 17 Agustus 1956 dan terletak di Jalan dr. Soetomo Sidoarjo. Dalam perkembangannya rumah sakit ini kemudian berkembang menjadi salah satu rumah sakit tipe kelas B Pendidikan yang dimiliki oleh pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

Untuk saat ini rumah sakit ini terletak di Jalan Mojopahit No. 667 Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur. Selain itu rumah sakit ini memiliki visi yakni menjadi salah satu rumah sakit yang terakreditasi internasional dalam memberikan pelayanan, pendidikan dan juga penelitian. Tidak hanya itu saja, rumah sakit ini juga memiliki motto yang cukup luar biasa yakni kesembuhan And adalah kebahagiaan kami. Di dukung oleh beberapa dokter dan tenaga medis yang sudah ahli di bidangnya dan beberapa layanan kesehatan dan fasilitas kesehatan yang lengkap dan modern tidak heran apabila rumah sakit ini menjadi salah satu rumah sakit terbaik yang ada di wilayah Kabupaten Sidoarjo.

Ada banyak sekali berbagai macam layanan poliklinik spesialis yang disediakan oleh RSUD Sidoarjo. Di RSUD Sidoarjo juga terdapat layanan yang diberi nama e-Tamat. Jadi layanan e-Tamat ini merupakan salah satu inovasi terbaru yang ada di RSUD Sidoarjo. Pihak rumah sakit bekerja sama dengan Dispendukcapil Sidoarjo dalam rangka pembuatan akta kematian sehingga masyarakat lebih mudah mengurus hal tersebut. Di bawah ini adalah beberapa syarat pengurusan akta kematian di RSUD Sidoarjo yang wajib diketahui:

  1. Pengisian formulir pendaftaran untuk permohonan surat keterangan kematian atau akta kematian.
  2. Untuk almarhum yang penduduk asli Sidoarjo harus menyertakan bukti yang berupa fotocopy KTP, KK, serta surat nikah kalau ada.
  3. Fotocopy KTP dan KK baik dari suami/istri almarhum.
  4. Membawa surat kematian asli dari dokter yang ada di RSUD Sidoarjo.
  5. Membawa fotocopy surat pengantar dari RT/RW.
  6. Membawa surat kematian yang asli dari pihak kelurahan atau desa.
  7. Membawa fotocopi akta kelahiran almarhum dan diperlukan surat pernyataan apabila almarhum tidak memiliki akta kelahiran lengkap dengan materai 6000.
  8. Membawa fotocopyy KTP dan KK dari pihak pelapor dan Membawa fotocopi KK dan KTP dari pihak saksi.

Di atas adalah beberapa alur dan syarat yang diperlukan apabila ada pihak keluarga yang ingin mengurus surat atau akta kematian di salah satu rumah sakit di Sidoarjo khususnya di RSUD Sidoarjo. Alur yang diberikan dan syarat yang dibutuhkan juga tidak terlalu ribet dan banyak. Jadi bila Anda memenuhi apa saja syarat yang dibutuhkan maka akan dengan mudah untuk mendapatkan akte kematian yang dibutuhkan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai rumah sakit dan seputar layanan kesehatan bisa hubungi di 031 8961649.

Uncategorized

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*