Pentingnya Mengetahui Jenis Termometer Di Kehidupan Sehari-Hari

Termometer adalah alat kesehatan untuk mengecek suhu tubuh orang yang sakit demam. Alat ini lebih dipilih untuk mengecek suhu karena hasilnya cukup akurat berupa angka suhu. Tak hanya dibutuhkan pada bayi saja namun juga digunakan untuk orang dewasa. Namun, tahukah anda bahwa termometer ada banyak sekali jenisnya. Simak berikut ini penjelasannya satu persatu.

1. Termometer Digital

Termometer jenis ini dibuat dengan bahan plastik mirip dengan pensil. Cara kerjanya yaitu dengan menggunakan sensor panas elektronik yang digunakan sebagai perekam suhu tubuh. Penggunaannya bisa dilakukan pada ketiak, mulut, atau juga dubur. Khusus untuk termometer digital untuk dubur biasanya berbahan lebih elastis. Termometer ini umumnya digunakan oleh banyak ibu-ibu.

2. Termometer Dot Digital

Untuk jenis ini biasanya berbentuk dot bayi makanya dinamakan termometer dot digital. Biasanya digunakan pada bayi yang masih menyusu dengan dot. Untuk menggunakannya cukup mudah, bayi anda tinggal menghisap termometer ini seperti sedang menyusu dengan dot lalu tunggu hingga 3 menit. Setelah itu, anda bisa mendapatkan hasil suhu tubuh yang cukup akurat.

3. Termometer Dahi

Termometer dahi bekerja dengan menggunakan inframerah untuk mengukur bagian dahi dan juga area arteri temporal pada pelipis anda. Namun termometer dahi memiliki kekurangan yaitu hasil suhu yang didapat belum se-akurat dengan termometer digital. Termometer jenis ini juga harganya lebih mahal dengan jenis lainnya.

4. Termometer Digital Telinga

Termometer digital telinga disebut juga termometer timpani. Cara kerjanya menggunakan sinar inframerah agar bisa mendapatkan suhu tubuh dari liang telinga tepatnya di gendang telinga.

Cara penggunaannya adalah menggunakan sensor sinar inframerah yang diarahkan pada lubang telinga. Sebelumnya, anda harus memastikan telinga dalam keadaan bersih, jika telinga kotor maka hasil bisa saja tidak akurat.

5. Termometer Air Raksa

Termometer air raksa harganya murah dengan bentuk tabung kaca yang isinya berupa logam cair dan warnanya perak yaitu berisi air raksa. Cara kerjanya yaitu paparan panas dari suhu tubuh biasanya akan membuat air raksa lebih meningkat di dalam tabung hingga mencay titik tertentu yang memunculkan berapa panas tubuh.

Namun termometer ini sudah tidak dianjurkan lagi digunakan, karena mudah pecah dan air raksa yang keluar bisa membahayakan jika terhirup dan menguap. Bisa membuat orang keracunan.

Cara Memilih Termometer Yang Baik Dan Benar

Putuskan terlebih dahulu jenis termometer apa yang akan dibeli agar nantinya bisa berfungsi dengan baik dan awet.

Sebaiknya pertimbangkan harga yang ditawarkan penjual. termometer yang beredar di pasaran memiliki merek dan harga yang berbeda-beda dan kualitas yang berbeda pula.

Anda juga harus memastikan termometer yang digunakan sesuai dengan usia seseorang.

Pada bayi dengan kondisi yang lemah untuk membutuhkan termometer khusus dan berbeda dengan yang digunakan pada anak-anak serta orang dewasa.

Sebaiknya membeli termometer di apotek resmi atau toko online resmi seperti blibli.com.

Nah itu tadi beberapa jenis termometer yang wajib anda ketahui agar tidak bingung saat memutuskan untuk membeli alat pengukur suhu badan ini. Jika anda berkeinginan mencari termometer yang berkualitas dan berbagai merk bisa berkunjung ke Blibli.com. Di blibli.com anda tidak hanya menemukan termometer dari berbagai merk saja namun juga berbagai jenis baik untuk digunakan bayi atau orang dewasa. Yang lebih menarik lagi, di Blibli.com terdapat diskon pada beberapa merk termometer yang tentunya tidak selalu ada promo menarik setiap hari. Jadi tunggu apalagi, segera kunjungi blibli.com

Uncategorized

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*